Hari Arafah

1 12 2007

Oleh : Admin

Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh, 

Tanggal 9 Dzulhijjah nanti, sebanyak kurang lebih 2.5 juta umat Islam melakukan wukuf di Arafah (Wukuf = berdiam). Dalam konteks ibadah haji, hari ini dinamakan “Hari Arafah“, sedangkan amalan ibadah yang disunahkan adalah Puasa Arafah. Dari hadits oleh Abi Qatadah, Rasul SAW bersabda : “Puasa hari Arafah itu menghapuskan dosa dua tahun, satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang”. (HR Muslim) Pada hari Arafah ini pula Allah SWT melimpahkan kehormatan kepada 4 orang Nabi :

1. Nabi Adam a.s : Allah SWT memaafkanya pada hari itu dari dosa memakan buah pohon terlarang (buah khuldy)

2. Nabi Musa a.s : Allah SWT melimpahkan kehormatan dengan taklim (wa kalamallaahu Musa takliima), atau berbicara langsung pada-Nya di hari itu (QS An Nisa’ 164)

3. Nabi Ibrahim a.s : Allah SWT melimpahkan kehormatan padanya dengan seekor domba untuk disembelih sebagai ganti penyembelihan putranya bagi Tuhannya.

4. Nabi Muhammad SAW : Allah SWT melimpahkan kehormatan dengan ibadah haji dan kesempurnaan agama. Hal ini ditandai dengan turunnya QS Al Maaidah ayat 3 : “Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu“. Saat ayat Quran ini turun, Sayyidina Abu Bakar r.a menangis. Para Sahabat yang lain bergembira. Merekapun bertanya padanya : “Mengapa kau menangis, sedangkan tiap orang lainnya demikian bahagia ?”. Beliau menjawab : “Adalah benar apa yang dipahami setiap orang yang lain, namun yang kupahami dari ayat ini adalah bahwa Rasul SAW akan meninggalkan diri kita, karena wahyu telah sempurna, telah selesai”. Benar juga, kira-kira 80 hari kemudian Rasul SAW wafat di Madinah. Ibadah haji ini juga merupakan ibadah haji pertama dan terakhir yang dilaksanakan oleh Rasul SAW. (terkenal dengan sebutan “Hujjatul Wada’ ” atau haji perpisahan). 

Wukuf di Arafah ini menjadi syarat sah-nya ibadah haji, sabda Rasul SAW : “Haji adalah Arafah“. Ritual wukuf dimulai ba’da Zhuhur sampai dengan menjelang terbenamnya matahari (sebelum Maghrib), sedangkan kegiatan yang dilakukan utamanya adalah do’a dan dzikir.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh,


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s