Sedekah

18 12 2007

Islam menganjurkan umatnya untuk memperhatikan adab dalam bersedekah atau berzakat. Ini agar orang yang membutuhkan harta dapat menikmati hartanya dengan baik, sementara orang yang bersedekah juga mendapat pahala maksimal.

Diantara adab-adab bersedekah itu adalah :

  1. Menyegerakan berzakat atau bersedekah ketika sudah waktunya. Hal ini untuk menampakkan rasa suka cita muzakki dalam memenuhi perintah Allah untuk membahagiakan hati fakir-miskin.

  2. Menyembunyikan sedekah dengan meminimalisir orang yang mengetahuinya agar amal baik tidak dikotori oleh godaan riya’. Juga menjaga agar mustahiq tidak terbuka rahasia akan kefakirannya.

  3. Adapun kalau ia yakin tidak akan riya’ , ia dapat menampakkannya agar diketahui oleh orang banyak. Dengan catatan orang-orang itu akan meneladaninya.

  4. Jangan merusak sedekah dengan mengungkit-ungkitnya kembali (QS Al – Baqarah :264). Termasuk menyakiti orang yang menerima sedekah adalah dengan mengumumkan kefakirannya, membentak-bentak atau menghinanya karena meminta-minta.

  5. Berapapun nilai harta yang disedekahkan, kita harus menganggapnya sedikit karena kalau sampai menganggapnya banyak, maka kita akna ‘ujub (bangga) dengan pemberian itu. Dari ‘ujub inilah akan timbul takabbur yang pada akhirnya akan menghilangkan pahala dari sedekah itu. Sebagian ulama mengatakan perbuatan baik tidak akan sempurna kecuali dengan tiga hal yaitu menganggapnya ringan, menyegerakan, dan menyembunyikannya.

  6. Menyeleksi orang yang akan menerima zakat atau sedekah dengan tidak hanya terpaku pada delapan asnaf (golongan) yang berhak menerima zakat. Hal ini lebih dimaksudkan agar muzakki tidak hanya mendapat pahala sedekah atau zakat saja, tapi juga pahala ukhuwah.

 Sumber : Hidayatullah


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s